Pages

Jumat, 07 Maret 2014

Cara Installasi WampServer

         Bertemu lagi dengan admin blog ini, disini admin akan membahas cara installasi dan konfigurasi wamp server 2.0. Kenapa admin menggunakan wamp server 2.0, karena admin belum mengupdate yang baru (0_0)……
Sebelum anda menginstal seharusnya anda sudah punya software pendukung yaitu wamp server 2.0 atau yang udah sampai wamp server 5 juga tidak apa-apa karena penginstalan hampir sama…..
Kalau anda belum punya silahkan download terlebih dahulu di layanan-layanan yang sudah menyediakan software ini…anda tinggal browsing saja di mbah google…

Ok, langsung saja cara penginstalannya :

1.             1. Setelah filenya berhasil anda download, silahkan dobel klik pada file tersebut dan nantinya akan muncul tampilan seperti berikut “ Welcome to the wampServer 2 Setup Wizard” ini di next saja atau klik pada tombol ( Next > ).


       2. Setelah itu ada tampilan License Agreement seperti gambar di bawah ini, jika ingin dibaca dulu license nya juga tidak apa-apa, tapi saya lebih sarankan langsung pilih/centang “ I accept the agreement ” lalu klik tombol ( Next > ).


3.      3. Setelah itu akan ada tampilan seperti dibawah ini, untuk memilih lokasi folder WAMP klick “Browse” dan silakan pilih lokasi yang anda inginkan. Jika anda memilih default lokasinya seperti gambar dibawah ini langsung saja klick ( next > ).



4.      4. Setelah itu muncul gambar seperti dibawah ini. Di tampilan ini ada dua pilihan, kalau anda ingin mencentang “Create a  Quick launc icon” setelah selesai instalasi akan muncul tampilan wamp servernya dipojok kanan bawah pada layar pc anda. Dan jika mencentang “Create a Dekstop Icon” setelah istallasi selesai akan muncul icon di desktop anda. Ini terserah anda mau di centang semua atau tidak sama sekali, karena ini tidak mempengaruhi system kerjanya. Setelah itu klick ( next > ) saja untuk melanjutkan.



5.               5. Setelah itu akan muncul tampilan di bawah ini “Ready to Install” Klik tombol (Install) saja , untuk proses pemulaian installasai.


6.           6. Setelah itu tinggal menunggu proses install sampai selesai, proses ini tidak memakan waktu lama seperti kita menginstal SO windows, jadi duduk manis menghadap layar anda saja (0_0)…….


7.           7. Setelah itu akan muncul keterangan yang intinya bahwa wamp telah mendeteksi adanya browser internet, kalau anda menggunakan browser mozila maka bertuliskan seperti gambar dibawa ini . Langsung pilih (Yes) untuk melanjutkan.


8.      8. Setelah itu akan ada tampilan seperti dibawah ini, isi email dengan email anda atau  sesuaikan dengan default yang ada. Setelah itu klik (Next) langsung untuk melanjutkan.



9.      9. Maka akan muncul tampilan di bawah ini, ini menandakan semua proses installasi telah selesai. klik  (finish ).


        10.  Setelah selesai installasi akan ada icon WampServer2 dipojok kanan bawah layar desktop anda seperti gambar dibawah ini dan status WampServer  masih offline - (server offline).


        11.  Jika anda ingin membuat status WampServer2 menjadi Online klick kiri icon WampServer2 dan pilih “Put online”.
Perlu anda ketahui juga fungsi menu-menunya :
Localhost berfungsi untuk menampilkan localhost di browser.
“phpMyAdmin”  merupakan tempat untuk mengakses database.
www directory”  merupakan tempat menyimpan file-file, seperti file HTML, gambar, video, dll.



        12.  Setelah kita aktifkan cek lagi icon WampServer2 seperti gambar dibawah ini, ini sudah menunjukkan kalau WampServer2 sudah online.
   


        13.  Setelah WampServer2 sudah dalam posisi Online, Anda buka browser mozila kalau yang menggunakan mozila, setelah itu untuk menguji sukses apa tidaknya installasi kita tadi. Pada bagian “Home Page” ketikkan LOCALHOST jika installasi berhasil akan muncul seperti gambar dibawah ini.



     
     14.  Jika WampServer2 sudah terinstall pada komputer anda, berbagai Tag Web atau CMS siap untuk di install secara offline.

Sekian Pembahasan tentang Cara Installasi WampServer2 Jika ada kesalahan dalam penulisan, saya sebagai admin mohon maaf . Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini, Follow :TwitterdanFacebook