Pages

Sabtu, 08 Maret 2014

Cara Menginstall dan Mengkonfigurasi MySQL



        Bertemu lagi dengan admin, yang sebelumnya admin telah menjelaskan bagaimana cara menginstal Wamp Server , kali ini admin akan menjelaskan bagaimana caranya menginstall MySQL di system operasi Windows.
Sebelum penginstallan terlebih dahulu anda menyiapkan program atau software MySQL kalau anda belum mempunyainya anda bias mendownload di layanan yang sudah menyediakan program MySQL. Saya disini menggunakan MySQL versi 5.
Ok, langsung saja langkah-langkahnya :


1.      1. Cari program setup MySQL lalu dobel klik program filenya, setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, pilih “Next” saja.


2.      2. Setelah itu anda disuruh memilih 3 pilihan , dimaksud dengan jenis intalasi di sini adalah jenis paket sofware yang akan di install ke komputer Anda, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada. Untuk seorang pemula kita pilih default saja yaitu “Typical” lalu Next…


3.          3. Setelah itu akan ada tampilan berikut Klik Install saja untuk mulai penginstallan.
 


4.      4. Proses installasi sedang berjalan. Tunggu sampai installainya selesai, sambil menuggu anda juga bisa membuat minuman agar tidak bosan……(-_-)…


5.           5. Setelah installasinya selesai lalu pilih “Next” saja, kemudian muncul tampilan seperti gambar dibawah ini ,. Lalu pilih “Skip Sign-Up” kemudian klik “Next”.




6.      6. Akan tampil gambar di bawah ini, tinggal “centang” saja tanda checklist pada opsi “Configure the MySQL Server now” , lalu klik “finish” untuk mengkhiri proses installasi.



7.      7. Setelah itu kita dituntun untuk melakukan konfigurasi MySQL, Klik “Next” saja untuk melakukan konfigurasi program MySQL ini.




8.      8. Lalu akan tampil gambar seperti di bawah ini, Pilih “Detailed Configuration” sebagai tipe konfigurasi, lalu klik “Next”.



9.      9. Tampilan selanjutnya ada 3 pilihan, anda pilih “Developer Machine” perintah ini sebagai tipe server untuk meminimalisasi penggunaan memori di komputer Anda. Lalu klik “Next” untuk melanjutkan.




       10.  Setelah itu pilih “Multifunctional Database” seperti gambar dibawah ini, kemudian klik “Next”.



      11.  Pada gambar dibawah ini pilih directory mana yang anda inginkan , kalau admin seperti pada gambar di bawah ini. Lalu klik “Next” saja untuk melanjutkan installasi.



       12.  Seperti tampak pada gambar di bawah ini, pilih “Manual Setting”, dan isikan terserah anda kalau admin pilih 15 . Kemudian klik “Next”.



       13.  Setelah itu ada tampilan seperti pada gambar dibawah ini , centang kedua-duanya dengan port number 3306 , atau sesuaikan dengan default yang sudah ada . Lalu klik “Next” untuk melanjutkan.



       14.  Lalu pilih “Standard Character Set”, lalu klik “Next”.



      15.  Setelah itu pada tampilan berikutnya beri tanda checklist pada “Install As Window Service” dan “Launch the MySQL Server automatically” agar server MySQL dapat dijalankan secara otomatis pada saat komputer Anda dinyalakan. Dan yang “Include Bin Directory in Windows PATH” boleh di centang, tidak juga boleh terserah anda.., Setelah itu klik “Next”.



      16.  Pada tampilan berikutnya anda di suruh mengisi password root, anda bisa menambahkan password untuk user root atau anda juga bisa mengkosonginya dengan tidak mencentang “Modify Security settings”, setelah itu klik “Next”.




     17.  Lalu tampilan berikutnya proses konfigurasi akan selesai dengan mengklik “Execute” untuk memulai proses konfigurasi pada komputer Anda.



     18.  Tampilan terakhir klik “Finish” ini bertanda untuk mengakhiri proses konfigurasi.



Installasi dan konfigurasi MySQL akhirnya selesai, anda bisa mempraktekan membuat database di dalamnya. Semoga tulisan ini yang admin buat bisa bermanfaat buat Anda . Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini, Follow :TwitterdanFacebook